Sunday, February 23, 2014

CONTOH SOAL UN DAN PEMBAHASAN BAHASA INDONESIA SMP

PAKET  A
CONTOH SOAL UN DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA SMP

Nomor 1
Standar Kompetensi Lulusan ( Nomor 1 sampai dengan 24 )
Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama.

Kemampuan yang Diuji

                        Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

Indikator
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut.

Soal
            Buah apel efektif mengatasi kolesterol tubuh. Buah ini memiliki lima unsur utama yang sangat efektif mengatasi penyebab penyempitan pembuluh darah manusia itu. Kelima unsur tersebut yaitu vitamin C, serat pectin, kalium, asam D’glucaric, dan fitokimia. Interaksi vitamin C dan serat pectin dikenal sebagai perpaduan efektif untuk menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ia juga dapat menurunkan racun dalam tubuh.

                        Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
a.       unsur-unsur utama dalam buah apel
b.      permasalahan kolesterol dan buah apel
c.       manfaat buah apel dalam kehidupan
d.      keefektifan apel mengatasi kolesterol

Kunci Jawaban: d
Pembahasan
Ada dua hal pokok yang tersaji dalam paragraf tersebut. Pertama, kandungan buah apel dengan lima unsur utamanya. Kedua, perpaduan unsur dalam buah apel yang mampu menurunkan kolesterol dan racun dalam tubuh. Untuk itu, fokus paragraf tersebut adalah keefektifan buah apel untuk mengatasi masalah kolesterol dan racun tubuh. Untuk itu, gagasan pokok paragraf tersebut adalah keefektifan buah apel dalam mengatasi permasalahan kolesterol.



Nomor 2
Kemampuan yang Diuji
                        Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator
Disajikan sebuah paragraf yang kalimatnya diberi nomor, siswa dapat menentukan  kalimat utama paragraf tersebut.
Soal
(1) Banyak pengunjung pameran karya siswa merasa puas. (2) Karya yang dijual pun tak tersisa. (3) Bahkan, pengunjung yang tak sempat membeli langsung akhirnya harus bersabar menunggu karyanya selesai dipesan. (4) Pameran karya seni dalam rangka ulang tahun sekolahku sangat sukses.
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan dengan nomor ....
a.       (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)

Kunci Jawaban: d
Pembahasan
Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama. Pada paragraf tersebut berisi informasi tentang kegiatan pameran seni. Berdasarkan isi paragraf tersebut, kalimat 1, 2, dan 3 merupakan kalimat penjelas dari kalimat keempat (penjelasan aspek kesuksesan acara pameran). Kalimat keempat berisi pernyataan kesuskesan kegiatan yang diselenggarakan suatu sekolah dalam rangka ulang tahun. Karena ketiga kalimat tersebut adalah kalimat penjelas, kalimat keempat itulah sebagai kalimat utama paragrafnya.
Nomor 3
Kemampuan yang Diuji
Menentukan kritik terhadap isi bacaan
Indikator
Disajikan bacaan terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritik terhadap isi bacaan tersebut.
Soal
Klub sepak bola peserta  Liga Indonesia tidak boleh asal menempatkan seseorang dalam kursi pelatih. Jika pada musim-musim sebelumnya masih ada klub dengan pelatih yang mengantongi lisensi kepelatihan di bawah standar, kini tidak diperbolehkan lagi.  PT Liga Indonesia (PT LI) memberi batasan bahwa pelatih klub Indonesia Super League (ISL) harus berlisensi A nasional atau AFC.
                        Kritikan isi bacaan tersebut yang paling santun adalah ...
a.       Upaya PT Liga Indonesia semestinya sudah dilakukan sejak dahulu bukan sekarang agar pelaksanaan kompetsisi berjalan aman.
b.      Kiranya, langkah PT Liga Indonesia tersebut tidak boleh ditawar-tawar lagi agar para penonton dapat semakin tertib dan terkendali.
c.       Untuk meningkatkan kualitas pelatih dan pelaksanaan Indonesia Super Liga, pelatih berlisensi AFC sudah seharusnya ditetapkan PT LI.
d.      Apa artinya pembatasan lisensi pelatih klub jika para pemainnya juga tidak diberi batasan dan aturan yang ketat?

Kunci Jawaban: c                     
Pembahasan

Kritikan merupakan penilaian baik kelebihan maupun kelemahan suatu karya atau produk. Yang dikritik pun dapat pula berupa kondisi. Tujuan pemberian kritik adalah agar yang dikritik dapat menjadi lebih baik. Dalam bacaan tersebut, kondisi yang dihadapi adalah belum terstandarnya pelatih klub liga Indonesia. Untuk itu, upaya yang dilakukan PT LI sangat baik dan harus segera diwujudkan dalam rangka menciptakan dan mewujudkan liga yang berkualitas. Terutama dilihat dari sisi pelatih klub.  Jawaban a tidak tepat karena hadirnya aspek keamanan. Jawaban b pun tidak tepat karena lebih memfokuskan pada aspek penonton. Sedangkan jawaban d juga tidak tepat karena ada pernyataan tentang pemain klub liga. Selain itu kalimat jawaban d juga terdapat aspek pesimis dan memandang rendah sebuah tindakan yang diambil PT LI. Ini contoh tindakan kurang santun. Untuk itu, jawaban c merupakan jawaban yang paling santun dan sesuai konteks bacaan.

Selengkapnya Download Disini [ Skip Ads Untuk Download ]

No comments:

Post a Comment